SMS dari Anda »
6285241XXX
As...mohon infoy tentang pemberkasan CPNS 2013 yg sdah lolos,
Agenda Kegiatan »
Musyawarah Daerah Luar Biasa KNPI Pulau Morotai
Musyawarah Daerah Luar Biasa KNPI Pulau Morotai
Sosialisasi Akuntabilitas Keuangan Daerah oleh BPK RI Perwakilan Maluku Utara
Sosialisasi Akuntabilitas Keuangan Daerah oleh BPK RI. Perwakilan Maluku Utara
Ragam Artikel

Morotai Pernah Menjadi Basis Operasi Pembebasan Irian Barat
Oleh AdminMinggu, 17 November 2013 13:45 WIB | Dibaca 1.622 kali
Morotai Pernah Menjadi Basis Operasi Pembebasan Irian Barat
Tidak hanya Veteran Sekutu (AS dan Australia) yang mengikuti acara napak tilas di Kepulauan Morotai, keluarga besar Legiun Veteran Rapublik Indonesia (LVRI) juga akan mengikuti acara yang merupakan bagian dari even internasional Sail Morotai 2012 ini.

Salah satu Veteran Indonesia yang ikut serta dalam pagelaran ini adalah Sukendar. Meskipun saat ini ia sudah sepuh (71 tahun), tak menyurutkan semangatnya berpartisipasi dalam acara ini.Pria dengan pangkat terakhir Kolenel Marinir AL ini sudah berada di Kepulauan Morotai sejak siang tadi, Kamis (13/9).

Sukendar berharap pemuda Morotai dan pemuda NKRI harus meningkatkan belajar untuk menggali sejarah Morotai. Apalagi, Morotai memiliki nilai historis yang cukup tinggi. Morotai pernah menjadi basis operasi Tritura untuk membebaskan Irian Barat dari Belanda, ketika masa pemerintahan Presiden Soekarno.

"Jangan nilai Morotai sebagai salah satu pulau di ujung timur Indonesia, tapi lihat nilai sejarahnya. Ini merupakan tantangan buat generasi muda kita untuk menggali sejarah. Pemuda NKRI harus meneladani para pejuang bangsa dan bisa mengikuti jejak pahlawan," ujar Sukendar saat mengunjungi Pulau Zum zum

Selain itu, Sukendar berharap Sail Morotai -yang puncaknya akan berlangsung Sabtu, (15/9) mendatang- bisa meningkatkan menjadi ajang untuk meningkatkan perekonomian warga Kepulauan yang masuk teritorial Maluku Utara itu.

"Secara umum kepulauan ini banyak sumber daya alamnya, terutama perikanan dan pariwisata. Nah, tinggal bagaimana para investor bisa tertarik. Makanya, pemerintah harus bekerja keras untuk menyediakan sarana dan prasarana," pungkasnya
Baca Juga Ragam Artikel Lainnya: