SMS dari Anda »
6285241XXX
As...mohon infoy tentang pemberkasan CPNS 2013 yg sdah lolos,
Agenda Kegiatan »
Musyawarah Daerah Luar Biasa KNPI Pulau Morotai
Musyawarah Daerah Luar Biasa KNPI Pulau Morotai
Sosialisasi Akuntabilitas Keuangan Daerah oleh BPK RI Perwakilan Maluku Utara
Sosialisasi Akuntabilitas Keuangan Daerah oleh BPK RI. Perwakilan Maluku Utara
Berita Pemerintahan

Bupati Pulau Morotai Luncurkan Program Rp. 1 Milyar 1 Desa
Oleh AdminKamis, 28 November 2013 18:05 WIB | Dibaca 1.420 kali
Bupati Pulau Morotai Luncurkan Program Rp. 1 Milyar 1 Desa
DARUBA – Bupati Pulau Morotai, Bapak Drs. Rusli Sibua, M.Si pada 2014 mendatang bakal  meluncurkan Program Rp. 1 Milyar untuk 1 Desa. Kabupaten Pulau Morotai memiliki 88 desa maka, total anggaran yang akan dialokasikan pada APBD 2014 nanti sebesar 88 Milyar. Dana sebesar ini akan dikelola langsung oleh Pemerintah Desa untuk peningkatan infrastruktur desa. 

Program tersebut adalah realisasi terakhir dan janji kampanye beliau kepada masyarakat Morotai pada saat perebutan jabatan orang nomor satu di Kabupaten Pulau Morotai itu. 
Hal ini disampaikan Bapak Bupati pada saat menggelar jumpa pers yang berlangsung di Taman Kota Morotai, selasa (26/11) malam. Dikatakan beliau program Rp. 1 Milyar 1 Desa tersebut  diluncurkan untuk mengurangi kesenjangan pembangunan antara pusat kota dan luar kota. Selain itu pembangunan di desa juga akan maju dengan sendirinya, “Program Rp. 1 Milyar 1 Desa ini dilakukan dalam rangka percepatan pembangunan di desa sekaligus menghilangkan kesenjangan antara desa dan pusat kota, Daruba.  Jangan sampai ada bahasa yang muncul , ini Cuma bagus Daruba saja” jelas beliau.

Disentil, apakah program tersebut merupakan janji kampanye beliau, Beliau akui hal tersebut merupakan visinya untuk membangun Morotai, “iya satu desa Rp. 1 Milyar itu janji saya waktu kampanye dulu. Dan itu janji yang terakhir kali yang saya realisasikan”, ungkap beliau. Lanjut beliau, program ini rencanya bakal direalisasikan dalam APBD 2014 mendatang. Untuk mendukung rencana tersebut beliau juga mengaku, sudah berkomunikasi dengan beberapa Anggota DPRD Kabupaten Pulau Morotai.

Terkait dengan tekhnis pengelolaanya kata beliau, akan diatur lebih terperinci melalui BAPPEDA Kabupaten Pulau Morotai. Selain itu, untuk mengatur tekhnis pengawasan dan pengelolaan anggaran Rp. 1 Milyar itu, pihaknya telah berkomunikasi dengan Badan Pemeriksa Keuangan provinsi (BPK-P) Maluku Utara.

‘Nanti kita berikan langsung kepada pemerintah desa untuk mengelola langsung, dengan catatan ada pengawasan langsung yang diatur nanti’, tegas mantan Sekda Pulau Morotai itu.

Beliau merincikan, Rp. 400 juta dari anggaran Rp. 1 Milyar itu untuk pembangunan kantor desa. Pembangunan sarana ibadah didesa dan intensif Imam, Petugas Syara dan Pendeta dialokasikan Rp. 100 juta dan bisa juga ditambah Rp. 25 juta. Sementara untuk mendukung mobilitas para kepala desa juga dialokasikan anggaran senilai Rp. 25 juta untuk belanja kendaraan roda dua.

Sementara sisa anggaran lainnya diperuntukkan bagi infrastruktur desa seperti, pembangunan jalan dan pagar, “Kalau pagar setiap desa ini sudah selesai dibangun, berarti kita dimorotai punya pagar yang seragam, mulai dari Ibu Kota Kabupaten hingga ke Desa” ungkap beliau. 

Dengan selesainya Rp. 1 Milyar 1 Desa pada 2014 maka pada 2015 menurut beliau, pihaknya akan focus pada penataan system perekonomian, “Tahun 2014 infrastruktur harus selesai, kalau sudah selesai berarti 2015 tinggal kita bangun dari sisi ekonominya. Utamnay ekonomi kerakyatan,” demikian kata beliau.
Baca Juga Berita Pemerintahan Lainnya: