SMS dari Anda »
6285241XXX
As...mohon infoy tentang pemberkasan CPNS 2013 yg sdah lolos,
Agenda Kegiatan »
Musyawarah Daerah Luar Biasa KNPI Pulau Morotai
Musyawarah Daerah Luar Biasa KNPI Pulau Morotai
Sosialisasi Akuntabilitas Keuangan Daerah oleh BPK RI Perwakilan Maluku Utara
Sosialisasi Akuntabilitas Keuangan Daerah oleh BPK RI. Perwakilan Maluku Utara
Berita Pulau Morotai

Morotai Dapat Kuota CPNS Terbanyak di Maluku Utara
Oleh KompasJum'at, 18 Oktober 2013 08:23 WIB | Dibaca 1.007 kali
Morotai Dapat Kuota CPNS Terbanyak di Maluku Utara
Penerimaan pendaftaran seleksi calon pegawai negeri sipil daerah (CPNSD) di Kabupaten Pulau Morotai, Provinsi Maluku Utara membeludak. Sebanyak 355 formasi yang dijatah Pemerintah Pusat, dilamar oleh 4.952 orang. 

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Pulau Morotai, Jainab Bin Djawa kepadaKompas.com mengatakan, penerimaan pendaftaran seleksi CPNSD tahun 2013 di Kabupaten Pulau Morotai dimulai dari 12 hingga 25 September 2013. Namun pihaknya baru selesai memasukkan data pelamar lantaran jumlahnya yang terlalu banyak. 

“Jumlah pelamar sebanyak 4.912 orang, itu yang sudah lolos seleksi berkas. Karena ada 40 orang yang dinyatakan tidak memenuhi syarat,” ungkap Jainab, Rabu (2/10/2013). 

Sebanyak 40 pelamar yang tidak lolos seleksi berkas ini, rata-rata karena kualifikasi pendidikan pelamar tidak sesuai dengan formasi jabatan yang dilamar. 

“Misalkan si pelamar ini kualifikasi pendidikannya Perbankan, yang dia lamar justru formasi Verifikator Keuangan, ini kan tidak bisa,” tegas Jainab. 

Ada pula pelamar yang tak lolos seleksi berkas karena usianya sudah melewati batas persyaratan penerimaan seleksi CPNSD. Sesuai persyaratan, batas usia pelamar maksimal 35 tahun terhitung 1 Januari 2014. “Kalau yang usianya sudah lewat ada sepuluh orang,” sambungnya. 

Para pelamar yang tidak memenuhi syarat ini, kata Jainab, beberapa di antaranya masih diberi kesempatan untuk memperbaiki berkasnya. Sebab, ada pelamar yang tidak memenuhi syarat karena kekurangan berkas persyaratan. 

“Yang sifatnya administrasi seperti dokumen transkrip nilainya kurang, ini masih bisa diperbaiki. Tapi kalau kualifikasi pendidikan tidak sesuai serta umur yang sudah lewat itu memang sudah tidak bisa lagi diperbaiki,” jelas Jainab. Pihaknya hanya memberikan kesempatan perbaikan hingga 4 Oktober 2013. 

Membeludaknya jumlah pelamar seleksi CPNSD di Kabupaten Pulau Morotai karena daerah ini paling banyak mendapat kuota formasi penerimaan seleksi CPNSD di Provinsi Maluku Utara, yakni sebanyak 355 formasi. Sedangkan daerah lain seperti Kota Ternate hanya mendapat jatah 30 formasi, Kota Tidore Kepulauan 50 formasi dan beberapa daerah lain di Malut yang hanya di bawah 100 formasi. 

“Yang melamar di sini tidak hanya orang Morotai saja, tapi hampir seluruh daerah di Maluku Utara, mereka datang mendaftarkan diri. Termasuk dari Jawa dan Sulawesi juga datang ke sini mendaftarkan diri,” ungkap Jainab. Menurutnya, seleksi tertulis CPNSD di Kabupaten Pulau Morotai dilaksanakan pada 3 November 2013.
Baca Juga Berita Pulau Morotai Lainnya: