Pilihan Berita

SMS dari Anda »
6285241XXX
As...mohon infoy tentang pemberkasan CPNS 2013 yg sdah lolos,
Agenda Kegiatan »
Musyawarah Daerah Luar Biasa KNPI Pulau Morotai
Musyawarah Daerah Luar Biasa KNPI Pulau Morotai
Sosialisasi Akuntabilitas Keuangan Daerah oleh BPK RI Perwakilan Maluku Utara
Sosialisasi Akuntabilitas Keuangan Daerah oleh BPK RI. Perwakilan Maluku Utara
Bukutamu

Balakusu Foundation
3
Balakusu Foundation
Senin, 02 Desember 2013 00:24 WIB
Patut kita berikan apresiasi bagi Pemda Kabupaten Pulau Morotai dengan Program 1 Desa 1 M..Melalui Realisasi Visi dan Misi Bupati, dimana janji kampanye Bupati akan menjadi kenyataan, Kami yakin bahwa Bappeda Kab Pulau Morotai sudah mempunyai perencanaan dalam sistim pengelolaan Dana 1 M per Desa tersebut. Perencanaan Pembangunan yg dimaksudkan adalah apakah nantinya terjadi sinkronisasi program perencanaan antara Perencanaan Pembangunan Politik, Perencanaan Pembangunan Teknokrat dan Perencaaan Pembangunan Partisipatif Masyarakat (pemberdayaan) yg tentunya mempunyai sistim dan mekanisme yg berbeda. Begitu halnya dengan Musrembang yang basih banyak yg tidak berjalan efektif dalam mengakomodir usulan pembangunan tingkat Desa yang seharusnya memerlukan skala prioritas sebagi bentuk pondasi atau dasar dalam sistim pembangunan yg lebih baik.

Pembangunan suatu wilayah dapat berjalan baik apabila sistim perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan bisa berjalan dengan baik serta penegakan prinsip2 pembangunan (transparansi, Desentralisasi, akuntabel. Sutanibel) dll bisa di tegakan dengan benar.

Persoalan perencanaan Pembangunan program 1 M sebagai langkah awal sangat menentukan arah dan keberhasilan program tersebut. Untuk itu Perencanaan Tata Ruang Wilayah Desa (RTRW) desa yang mengacu kepada RTRW Kec dan Kabupaten merupakan factor mutlak yg harus diterapkan dalam program tersebut.

Perencanaan RTRW desa yang dimaksudkan adalah Perencanaan secara teknis tetapi juga melibatkan masyarakat dalam sistim perencanaan partisipatif sehingga menumbuhkan adanya rasa memiliki dan tanggung jawab masyarakat serta Permasalahan yg mungkin akan terjadi bisa diselesaikan secara bersama .

RTRW desa ini bisa dirancang hingga 25 Tahun yg didalamnya sudah termasuk berbagai aspek bidang pembangunan antara lain : Pendidikan, Kesehatan, Sarana-prasarana umum dan sosial, pengembangan pemukiman, pertanian,Kehutanan, perikanan, lingkungan hidup, ekonomi dll, melalui survey bersama masyarakat kemudian dimusyawarahkan secara bersama untuk menggali Permasalahan dan Potensi yang ada menuju Visi misi dan arah pembangunan desa yang jelas dan tepat, apakah desa tersebut mengarah ke perikanan, perkebunan, parawisata atau lainnya.<

Demikian ulasan singkat ini, alangkah baiknya Pemda Pulau Morotai dapat membuka ruang Dialok atau seminar, ataupun lokakarya guna melibatkan pihak2 yg bisa memberikan masukan antara lain : Perguruan Tinggi, LSM, Bapenas, Depdagri, BPKP, Bappeda Prov , Tokoh masyarakat dll guna penyempurnaan dan kelangsungan Program 1 M perdesa yg sangat Baik iniā€¦
Rizky
2
Rizky
Jum'at, 22 November 2013 18:44 WIB
Maaf, apakah akan kami pegawai setda bisa mengirimkan berita atau artikel ? terimakasih.
Boleh sekali, Pa Rizky bisa mengirimkan artikel atau berita yang menarik kepada kami, silahkan dapat menghubungi kami di info (at) setda.pulaumorotaikab.go.id
Adi Sumaryadi
1
Adi Sumaryadi
Rabu, 06 November 2013 00:04 WIB
Sukses untuk Pemerintahan pulau morotai yang sudah memiliki website khusus untuk Sekreatariat daerah, semoga dengan media ini semakin dekat dengan masyarakat dan semakin berkembangnya teknologi dimorotai.
Aamiin, terima kasih untuk segala dukungan yang sudah diberikan semua pihak, saran dan ide kami harapkan selalu untuk kemajuan bersama.

Awal Sebelumnya 1 Selanjutnya Akhir


Anda dapat memberikan komentar tentang dengan menggunakan form dibawah ini .





 Notifikasi via email jika ada yang komentar
Masukan tulisan disamping